Welcome to Vherie's Spot, Everything Gonna Be Okay In Here, Let's Sharing and Study Together.

Thursday 1 September 2011

10 Fakta tentang binatang yang Unik dan Informatif

1. Tahukah kamu Rusa mempunyai mesin pendingin di otaknya ?
         Rusa yang hidup di padang rentan menjadi korban hewan pemangsa. Ia terbiasa melarikan diri dari musuhnya agar dapat bertahan hidup. saat tubuhrusa bergerak, dihasilkan energi yang berubah menjadi panas tubuh. Lari dengan kecepatan yang tinggi secaramendadak menyebabkan peningkatan suhu tajam di dalam tubuh rusa.
         Agar bertahan hidup, rusa perlu menjaga agar suhu otaknya lebih dingin dari suhu tubuhnya. Ia mempunyai sistem pendinginan yang khas di dalam otaknya. Rusa dan hewan sejenisnya memiliki ratusan pembuluh darah arteri kecil yang bercabang-cabang dan melewati tempat penampungan darah besar yang terletak di samping saluran pernafasannya. Udara yang dihirupnya mendinginkan tempat penampungan yang berhubungan dengan hidung sehingga darah yang melewati pembuluh darah arteri ini menjadi dingin.


2. Dari mana asal nama Kanguru ?




             Kanguru adalah hewan khas asal Australia yang memiliki kantung di perutnya. Nama kanguru berasal dari turis Eropa yang menanyakan nama hewan berkantung itu. Penduduk asli ( Aborigin ) mengatakan KANGAROO ( kanguru ) yamg berarti " tidak tahu " menurut bahasa setempat dikarenakan tidak paham bahasa turis eropa tersebut. Hingga saat ini hewan tersebut dikenal dengan sebutan kanguru.

3. Hewan apa yang tidak pernah makan ?



          Hewan maifli tidak pernah makan. hewan ini mempunyai dua pasang sayap, sayap depan dan sayap belakang yang ukurannya lebih kecil. jika ia sedang istirahat, sayapnya tegak ke atas. Abdomennya mempunyai filamen dan ekornya panjang. Ia termasuk dalam keluarga capung. jika hari panas maifli suka bergerak turun naik di atas permukaan air. Kulit terakhirnyaakan berganti setelah ia terbang pertama kali. Maifli dewasa tidak pernah hidup lama karena tidak makan.

4. Hewan apa yang gigitannya paling tajam ?



         Tubuh Hyena sebenarnya lebih kecil dibanding singa atau harimau. akan tetapi anak hyena yang baru berumur 2 tahun saja, gigitanya mampu menyamai singa dewasa. apalagi hyena yang sudah dewasa. Hiiihhhh..,.,.,,,, Menakutkan bukan  ?

5. Mengapa zebra memiliki warna tubuh belang-belang ?



           Dulu zebra adalah sejenis kuda berwarna hitam atau coklat gelap. Karena terjadi perkawinan dengan kuda-kuda lain yang berwarna lebih terang, maka lahirlah kuda berwarna gelap yang memiliki garis berwarna lebih muda . Lalu di antara kuda-kuda belang tersebut terjadi perkawinan lagi dan melahirkan anak-anak dengan pola garis- garis seperti yang dimiliki zebra sekarang.
           Belang - belang yang dimiliki zebra, memiliki keuntungan tersendiri dalam berkamuflase dan merupakan ciri khas di dalam dirinya sendiri, motif pada zebra tidak ada yang sama , seperti sidik jari manusia.

6. Laba-laba apa yang membuat sarang di dalam air ?



           Laba- laba air adalah jenis laba- laba yang membuat sarang di dalam air. sarang tersebut berbentuk seperti lonceng sehingga ia juga sering disebut laba-laba lonceng.
           Untuk membuat sarang , pertama-tama laba-laba akan mendirikan semacam panggung dan merentangkan jaring-jaring pada tumbuhan di dalam air. selanjutnya ia menempelkan jaring ke batang tanaman terdekat . Rangkaian benang ini menjadi semacam tanda bagi laba-laba untuk menunjukan sarangnya sekaligus sebagai tali yang menguatkan panggung dan sebagai alat untuk menghasilkan getaran yang akan memberitahunya jika ada mangsa yang datang mendekat. Lalu, laba-laba membawa gelembung-gelembung udara kebawahnya dengan menggunakankaki dan tubuhnya.

7. Burung apa yang terbang paling tinggi ?



             Jenis burung pemakan ikan ini atau sering disebut burung camar layang-layang pernah tercatat dapat terbang lebih dari 11.000 m. Ini sama dengan ketinggian pesawat jet saat terbang.
             Jenis burung ini juga dapat tidur pada saat terbang/ di udara, Ia tidur dengan cara bersandar pada sayapnya dan bisa bertahan hidup hingga empat tahun di udara

8. Hewan apa yang tidak pernah minum ?



                  Koala yang hidup di Australia tidak pernah minum air. meski bentuknya mirip dengan beruang, namun ia tidak tergolong jenis beruang. binatang ini termasuk jenis marsupial. meskipun tidak minum, koala dapat memperoleh air dari daun eucalyptus yang dimakannya. Nama koala sendiri memiliki arti " Binatang yang tidak minum ". Nama itu diberikan oleh penduduk di sekitar itu
 
9. Kadal apa yang paling besar ?



                 Kadal paling besar adalah jenis Komodo. Binatang ini hanya hidup di Indonesia, yaitu di Pulau Komodo. Ia adalah salah satu jenis keturunan hewan purba yang masih hidup hingga sekarang, air liur yang dikeluarkan oleh komodo sangat berbahaya karena mengandung banyak bakteri berbahaya

10. Kelompok hewan apa yang tingkat perkembangannya dekat dengan manusia ?
                Kera dan monyet dianggap dekat tingkat perkembangan dengan manusia. terdapat empat jenis kera: Gorila dan simpanse yang hanya hidup di benua Afrika serta orangutan dan siamang yang hidup di Asia Tenggara. Meskipun mirip dengan monyet, kera bertubuh lebih besar, tangan yang lebih panjang dari pada kakinya dan tidak memiliki ekor. Monyet terdiri dari berbagai jenis yang banyak hidup di hutan hujan tropis di benua Afrika dan Asia, Bersama dengan kera. Namun seiring dengan terjadinya kerusakan hutan hujan di dunia, banyak jenis monyet dan kera mengalami kesulitan bertahan hidup

0 comments:

Post a Comment

Thanks Readers

Terimakasih banyak telah mengunjungi blog sederhana milik saya, harapan saya pembaca bisa memperoleh pengetahuan dan info baru dari Vherie's Spot. Terimakasih juga kepada yang sudah berkomentar, mengikuti blog Vherie's Spot dan menjadi pembaca setia. Satu kunjungan anda sangat berarti buat saya pribadi. Oya, Anda boleh memberi kritik, saran dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik, serta Anda boleh kok share ke tempat lain (Share it). Tunggu ya postingan selanjutnya, dan jangan pernah kapok mengunjungi feryabiel.blogspot.com ya, hehe.. :)