Welcome to Vherie's Spot, Everything Gonna Be Okay In Here, Let's Sharing and Study Together.

Tuesday 9 August 2011

10 Fakta Unik Tentang Dinosaurus


1. Dinosaurus terberat

Gelar ini diberikan kepada Brachiosaurus dengan berat 80 ton. Ini setara dengan berat 17 gajah Afrika. Brachiosaurus memiliki tinggi 16 meter dan panjang 26 meter. Ini merupakan kerangka terbesar dinosaurus yang dipasang di museum.

2. Dinosaurus terkecil


Ini merupakan Dinosaurus terkecil di dunia.Namanya Fruitadens haagarorum.Tinggi dinosaurus ini hanya 10 cm,dan panjangnya 60 cm.Beratnya hanya 0,9 kg.Dinosaurus ini hidup pada zaman jurasic atau 150 juta tahun yg lalu.Dinosaurus ini tergolong omnivora,karena memakan tumbuhan dan serangga.

3. Telur Dinosaurus terkecil


Sejauh ini, telur dino terkecil yang pernah ditemukan hanya sepanjang 3 centimeter (cm). Peneliti belum tahu dari spesies manakah telur ini.
4. Dinosaurus terpintar
Salah satu dino paling pintar adalah Troodon. Sehari-hari, Troodon berburu dino lainnya. Dia memiliki panjang sekitar 2 m dengan otak sebesar burung atau mamalia saat ini. Dia juga memiliki lengan yang mampu memegang.
5. Dinosaurus terbodoh.

Ada dino terpintar, maka ada juga dino terbodoh. Posisi ini diduduki Stegosaurus yang memiliki otak sebesar kacang walnut, panjang hanya 3 cm dengan berat 75 gram.
6. Dinosaurus tertinggi
Dinosaurus tertinggi adalah kelompok Brachiosaurid dari sauropoda. Kaki depan yang lebih panjang dari kaki belakang memberi mereka sikap seperti jerapah. Hal ini dikombinasikan dengan leher yang sangat panjang, memampukan kelompok ini menelusuri pohon tertinggi. Brachiosaurus -dino paling tenar dari grup ini- memiliki tinggi sampai 13 meter. Jenis lainnya, Sauroposeidon, diperkirakan bisa tumbuh sampai 18,5 m.
7. Pelari tercepat
Dino paling cepat adalah Dromiceiomimus yang memiliki mimik menyerupai burung unta. Dia bisa lari dengan kecepatan 60 km per jam.
8. Dinosaurus tertua

Dino paling tua yang pernah ditemukan berusia 230 juta tahun dan ditemukan di Madagasgar. Namun, mereka belum diberi nama resmi. Sebelum ini Eoraptor, yang berarti ‘pencuri fajar’, telah memegang gelar di 228 juta tahun.
9. Nama paling panjang

Dinosaurus yang memiliki nama paling panjang adalah Micropachycephalosaurus yang berarti kadal tebal berkepala kecil. Fosil hewan ini ditemukan di China dan diberi nama tersebut pada 1978 oleh ahli paleontologi China.

10. Dinosaurus bertanduk terbanyak

Kosmoceratops salah satu Dinosaurus yang terakhir ditemukan fosilnya ini kami tempatkan pada urutan pertama. Karena Kosmoceratops ini memiliki sedikitnya 13 tanduk di kepalanya.!!(15 jika menghitung tanduk pada rahangnya.). Ilmuwan menamakannya “Dinosaurus paling cantik” karena hiasannya yang sangat banyak,. Tanduk – tanduk yang ada di bagian depan wajahnya adalah tanduk yang tidak terlihat untuk menyerang, tapi lebih digunakan untuk menakuti predator dan saingannya. Dinosaurus ini diperkirakan hidup di Amerika Utara, Fosilnya ditemukan di Utah, negara bagian di Amerika barat

0 comments:

Post a Comment

Thanks Readers

Terimakasih banyak telah mengunjungi blog sederhana milik saya, harapan saya pembaca bisa memperoleh pengetahuan dan info baru dari Vherie's Spot. Terimakasih juga kepada yang sudah berkomentar, mengikuti blog Vherie's Spot dan menjadi pembaca setia. Satu kunjungan anda sangat berarti buat saya pribadi. Oya, Anda boleh memberi kritik, saran dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik, serta Anda boleh kok share ke tempat lain (Share it). Tunggu ya postingan selanjutnya, dan jangan pernah kapok mengunjungi feryabiel.blogspot.com ya, hehe.. :)